Kemeriahan Gelaran YIS Graduation Ceremony and Performance 2024

Graduation ceremony Yogyakarta Independent School
Graduation Ceremony YIS (doc : YIS)

Graduation Ceremony atau perayaan kelulusan menjadi momen penting dalam perjalanan pendidikan seseorang. Tidak hanya secara akademis, namun juga merangkum momen berharga dalam perubahan tahapan kehidupan siswa.

Sehingga tidak heran jika setiap sekolah berusaha untuk merancang Graduation Ceremony yang meriah dan berkesan untuk siswa-siswanya. Tidak terkecuali Yogyakarta Independent School (YIS). Sebuah Sekolah internasional di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum IB dan berlokasi di Jl. Tegal Melati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. 

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada hari Jumat, 28 Juni 2024 sekolah ini menggelar Graduation Ceremony yang sangat meriah. Dan kebetulan saya berkesempatan untuk menyaksikannya. 

Acara yang berlangsung di ballroom Hotel Tentrem mulai pukul 17.00 - 21.00 WIB ini mengambil tema "Fair Play: Fun and Fire”  yang merupakan perwujudan dari nilai-nilai dan semangat yang ingin ditanamkan pada seluruh siswa lulusan YIS.

"Fair Play" merupakan gambaran pentingnya integritas, etika, dan rasa hormat, yang merupakan perwujudan dari nilai sportivitas dan keadilan yang penting untuk diterapkan  di semua aspek kehidupan.

Sedangkan "fun" melambangkan kegembiraan dan persahabatan yang menjadi bagian dari perjalanan setiap siswa selama berproses di YIS yang patut untuk dirayakan.

Sementara "fire" menjadi lambang semangat, energi, dan ambisi yang menjadi pendorong bagi alumni YIS untuk meraih sukses di masa depan dan berani menghadapi tantangan baru dengan penuh semangat.

Dengan tema tersebut diharapkan setiap lulusan YIS dapat menghargai pencapaian di masa lalu, merayakan dan menikmati momen saat ini, dan terinspirasi untuk mempersiapkan masa depan yang cerah dan dinamis. 

Acara ini sendiri terbagi menjadi dua sesi, yakni prosesi wisuda dan pertunjukan drama musikal. Bagaimana keseruannya? Berikut ulasannya...

YIS Graduation Ceremony

Diawali dengan ucapan selamat datang dari MC, prosesi Graduation Ceremony dimulai dengan iring-iringan bendera merah putih, bendera Yogyakarta Independent School (YIS), dan bendera-bendera negara lain yang dibawa oleh 16 siswa YIS dengan penuh percaya diri. Gerak dinamis dari para siswa ini menghasilkan kombinasi warna-warni bendera yang apik. 

Parade bendera YIS
Iring-iringan bendera dalam Graduation Ceremony YIS (doc. YIS)

Selanjutnya setelah bendera tertata rapi pada tempatnya, seluruh tamu yang hadir dipersilakan berdiri untuk bersama menyanyikan lagu Indonesia raya. 

Setelah itu Pak Rik (Richard Frenkel) selaku Pembina Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY) dan Pak Dindit selaku kepala sekolah memberikan sambutannya. 

Pada intinya keduanya mengapresiasi kerja keras dari semua pihak baik guru, siswa, maupun orang tua sehingga dapat sampai ke tahap sekarang, berhasil menyelesaikan jenjang studi menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Pembina yayasan YIS
Sambutan dari pembina YPIY (doc. YIS) 

Dalam Graduation Ceremony kali ini YIS berhasil meluluskan siswa dari berbagai jenjang.

Dari Primary Year Programme (PYP) sebanyak 4 siswa dari Kindergarten B, dan 5 siswa dari Grade 6. Sementara dari Middle Year Programme (MYP) sebanyak 9 siswa Grade 10D, dan dari Diploma Programme (DP) sebanyak 7 siswa Grade 12.

Ada yang unik dalam proses wisuda di YIS. Sebelum anak maju untuk menerima plakat dan sertifikat, koordinator dari masing-masing program baik PYP, MYP, maupun DP, membacakan secara singkat CV dan pencapaian prestasi dari masing-masing anak. 

Karena di YIS setiap pribadi adalah unik. Sehingga setiap pencapaian yang diraih siswa harus diapresiasi

Momen pembacaan CV dan prestasi ini juga menjadi momen seru dan berkesan yang menambah kemeriahan acara wisuda. 

Kegembiraan graduation ceremony YIS
Para wisudawan (sumber : YIS)

Misalnya saat wisuda Grade 12, prestasi dan pencapaian setiap anak di setiap mata pelajaran yang diambil, disampaikan dengan rinci. 

Sebagai contoh pencapaian dari Priyanka untuk subject English Language and Literature dan Spanish Ab initio. 

Untuk subject English Language and Literature disampaikan penghargaan terhadap Priyanka. Di mana Priyanka merupakan sosok siswa yang baik dan terbuka. Kehadirannya menumbuhkan atmosfer akademik yang positif dan menumbuhkan rasa keingintahuan yang besar. 

Priyanka, siswa DP YIS grade 12
Priyanka saat menyampaikan kesan-pesan (doc : YIS)

Sementara untuk subject Spanish Ab initio, disampaikan Priyanka telah berhasil menunjukkan hasil kerja keras dan ketekunannya, sehingga mampu menggunakan bahasa Spanyol untuk komunikasi sehari-hari dengan sangat baik. Piyanka juga dikenal sebagai seorang siswa yang manis, perhatian, dan rendah hati.

Tidak hanya Priyanka, setiap siswa YIS memiliki catatan mengenai pencapaian dan prestasi yang diraihnya. 

Catatan-catatan semacam ini tentu memiliki kesan mendalam dan berharga bagi setiap siswa. Dan menjadi penyemangat untuk terus maju dan berkembang. 

Drama Musikal FAIR PLAY: FUN AND FIRE

Kemeriahan Graduation Ceremony kali ini semakin lengkap dengan hadirnya drama musikal FAIR PLAY: FUN AND FIRE yang dibawakan dengan sangat apik oleh seluruh siswa dan staf pengajar YIS. 

Semua pemain bermain total sesuai perannya. Tata panggung dan pencahayaan yang menawan semakin mendukung penampilan mereka. 

Bercerita tentang kehidupan komunitas pasar malam yang beragam dengan segala persoalannya. Tema yang hendak diangkat adalah tentang persahabatan, cinta, persaingan dan sikap fair play yang penting diterapkan dalam kehidupan nyata. 

Suasana pasar malam dalam drama musikal YIS
Kemeriahan pasar malam (doc. YIS)

Pasar malam keliling yang datang ke sebuah kota tentu ingin menawarkan hiburan dan suka-cita bagi warga setempat. Namun apa jadinya jika ternyata ada banyak masalah yang dialami oleh para pemain-pemainnya. 

Sanggupkah pasar malam keliling tersebut menghadirkan kegembiraan dan keceriaan bagi warga setempat yang dikunjunginya?

Pasar malam yang terdapat dalam cerita musikal ini merupakan penggambaran kehidupan nyata. Di mana dibalik hingar bingar dan keceriaan yang ditawarkan, ada sisi tersembunyi yang membutuhkan pemecahan. 

Dan sikap fair play, pantang menyerah, semangat berkolaborasi dan juga persahabatan, sangat dibutuhkan untuk memecahkan persoalan dan menciptakan kondisi yang nyaman untuk semua.

Seluruh pemain drama musikal Fair Play, fun n fire
Seluruh pemain drama musikal Fair Play, Fun and Fire (doc. YIS)

Sebuah tontonan inspiratif yang menjadi penutup yang apik dari gelaran Graduation Ceremony Yogyakarta Independent School 2024.

Jika para pembaca tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang YIS, silakan langsung hubungi instagramnya @yogyakartaindependentschool atau kontak ke nomor (0274) 5305147 / WA +628112632442. 

Sapti nurul hidayati
Saya seorang ibu rumah tangga dari Yogya. Blog ini saya buat untuk tempat berbagi cerita dan pengalaman tentang apa saja. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari tulisan saya. Untuk kerjasama, silakan kontak ke saptinurul (at) gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular

Subscribe Our Newsletter